Mengenal Pulau Pari

23 October 2018 113x Destinasi

Beranda » Destinasi » Mengenal Pulau Pari

Mari Mengenal Pulau Pari Lebih Dekat


mengenal pulau pari

Mengenal Pulau Pari – Pulau Pari merupakan surga kecil yang terkenal dengan pantai yang masih asri yang terletak di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Pulau ini memiliki laut yang jernih dan keindahan pantai yang memukau sehingga sangat sesuai dijadikan pilihan destinasi untuk memanjakan mata kamu. Objek wisata tersebut sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Berikut gambaran umum mengenai Pulau Pari yang perlu kamu ketahui.

 

1. Sejarah Perkembangan Pulau Pari

Pada mulanya, Pulau Pari merupakan Pulau yang tak berpenghuni dan belum memiliki nama. Tetapi pada masa penjajahan Belanda, warga Tangerang Selatan bersembunyi di pulau tersebut untuk menghindari kerja paksa yang dilakukan pemerintah Belanda.

Warga yang pertama kali tinggal di tempat tersebut adalah keluarga Pak Arsyad beserta istri dan kelima anaknya, kemudian disusul beberapa warga Tangerang yang berbondong-bondong menuju wilayah tersebut. Konon katanya, Pulau ini memiliki laut yang sangat dangkal dan terdapat ribuan ikan pari. Oleh karena itu, masyarakat menamakannya Pulau Pari.

Mereka sangat nyaman berada di pulau tersebut dan tetap menjaga kerukunan, keharmonisan dan ketentraman satu sama lain. Beberapa tahun kemudian, Belanda akhirnya meninggalkan Indonesia dan digantikan oleh Kolonial Jepang. Pemerintah Jepang akhirnya mengetahui bahwa terdapat banyak warga yang tinggal di Pulau Pari.

Mereka pun dipaksa menjadi nelayan tanpa dibayar. Untungnya hal tersebut berlangsung tidak lama karena Indonesia telah berhasil merebut kemerdekaannya.

Seiring perkembangan zaman, warga pun mulai berpikir untuk mengembangkan budaya alam di pulau tersebut. Mereka bercocok tanam beberapa jenis rumput laut seperti rumput laut bali merah, kelabu dan hijau. Kegiatan itu pun mendapat dukungan dari pemerintah pusat DKI Jakarta.

Pemerintah pun membangun pusat penelitian hasil tanam rumput laut yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Kesuksesan ini hanya berlangsung selama 2 tahun karena adanya kendalam limbah yang mencemari rumput laut tersebut.

Hingga saat ini pulau tersebut dijadikan sebagai tempat wisata terbaik di kota Jakarta. Pemandangan pantai yang eksotis dan kelestariannya yang tetap terjaga membuat wilayah ini ramai dikunjungi setiap minggunya.

 

2. Lokasi Pulau Pari

Pulau Pari termasuk bagian dari Kepulauan Seribu, Jakarta. Lokasinya hanya berjarak 45 kilometer dari Kota Jakarta. Untuk menuju Pulau Pari, kamu bisa melalui Dermaga Marina di kawasan Ancol atau dari Pelabuhan Kaliadem di Muara Angke menggunakan speedboat dengan jarak tempuh hanya sekitar 1- 1,5 jam saja.

3. Destinasi Pulau Pari

Terdapat tiga objek wisata populer di Pulau Pari, yaitu Pantai Perawan, Pantai Pasir Kresek dan Dermaga Bukit Matahari. Wahana wisata tersebut dikelola oleh masyarakat setempat. Dan yang paling penting, pariwisata ini sangat terjaga kebersihannya.

Hamparan pasir putih yang lembut, pepohonan bakau yang rindang terlihat dibibir pantai. Air yang tenang dan bersih seakan memanjakan kaki kamu untuk menjelajahi Pantai Perawan ini.

Pantai Perawan ternyata memiliki cerita yang menarik, lho. Dahulu kala ada seorang gadis yang jatuh cinta dengan seorang nelayan di Pulau Pari. Mereka menjalani kisah cinta dengan penuh kebahagiaan.

Namun ketika si nelayan pergi melaut, ia pun tak kunjung datang. Tetapi sang gadis tetap menunggunya hingga ajal menjemput. Itulah sebabnya pantai tersebut diberi nama Pantai Pasir Perawan.

Snorkeling adalah kegiatan yang tak boleh kamu lewatkan. Pulau Pari memiliki ekosistem bawah laut yang indah. Ribuan ikan-ikan cantik dan beragam terumbu karang yang unik tentunya membuat kamu berdecak kagum melihatnya.

Saat ini di Pulau Pari telah disediakan fasilitas Water Sport yaitu perahu kuno sehingga kamu dapat menjelajahi setiap jengkal pemandangan pulau yang ada disekitarnya. Selain itu, kamu juga dapat bersepeda sembari menghirup udara sejuk dan menikmati pepohonan yang begitu indah.

Ketika kamu berkunjung ke Pulau Pari, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas daerah tersebut. Beragam kuliner seafood yang diolah menggunakan bahan tradisional dapat kamu santap sepuasnya.

Sekarang kamu mengenal Pulau Pari dan fahamĀ  betapa indahnya Pulau Pari. Tunggu apalagi? Segera agendakan rencana liburanmu bersama kawan dan keluarga di pulau yang indah ini. Tim WHKtrravel.com akan dengan senang hati menyambut kalian.

Tags:

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.