Beranda » Traveling » Keunikan Pulau Tidung Yang Perlu Anda Ketahui (Top 5)

Open Trip Pulau Tidung Dijamin Seru

Keunikan Pulau Tidung РPulau Tidung merupakan salah satu destinasi yang patut untuk dikunjungi ketika melancong ke Jakarta karena banyak hal yang akan membuat Anda kagum disana. Sebelum menambahkan Pulau Tidung ke dalam rencana perjalanan, simak terlebih dahulu 5 keunikan Pulau Tidung yang perlu Anda ketahui berikut ini.

Apa dan Bagaimana Cara Menyaksikan Keunikan Pulau Tidung?

Pulau Tidung merupakan bagian dari Kepulauan Seribu. Wilayah ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Kedua pulau tersebut memiliki keindahan yang mempesona yang sayang untuk Anda lewatkan.

Untuk menuju pulau ini, Anda bisa melalui dua jalur yaitu dari pelabuhan Muara Angke dengan menggunakan kapal ferry atau dari Pelabuhan Marina Ancol dengan menggunakan kapal motor cepat (speedboat). Untuk menambah kenyamanan Anda dalam mengunjungi Pulau Tidung, Anda dapat bergabung dengan teman-teman traveller melalui Open Trip Pulau Tidung yang diadakan oleh tim Hwktravel.

Pantai Pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang yang begitu indah dan dapat dilihat secara kasat mata. Air yang tenang serta hamparan pasir putih merupakan nuansa alam yang eksotis.

Selain keindahan alamnya, tempat ini juga memiliki lima keunikan yang memukau diantaranya:

  1. Jembatan Cinta

keunikan-pulau-tidungJembatan Cinta merupakan jembatan legendaris yang berada di Pulau Tidung. Objek wisata ini juga menjadi penghubung antara Pulau Tidung Besar dan Kecil. Karena keindahannya, jembatan tersebut biasanya dijadikan sebagai lokasi untuk foto pra-nikah bagi calon pengantin.

Sebelum melewati Jembatan Cinta, Anda akan menemui Pantai Tanjonga Timur. Pantai ini dikelilingi oleh gugusan karang yang mampu menahan ombak dari laut lepas sehingga Anda dapat berenang sambil menikmati jernihnya air laut dengan aman.

Jika Anda pecinta tantangan ekstrim, cobalah untuk menguji adrenalin dengan melompat langsung pada ketinggian sekitar 6 meter. Atraksi ini akan menjadi hiburan yang tak terlupakan. Selain itu, beragam wahana pantai dapat juga Anda coba seperti jetski, kano, sofa boat, banana boat dan lain-lain.

  1. Wisata Alam Bawah Laut

Pemandangan bawah laut Pantai Tidung memliki daya tarik yang luar biasa. Berbagai macam terumbu karang yang unik dan beragam jenis ikan membuat pantai ini sangat sesuai untuk melakukan kegiatan snorkeling dan menyelam. Anda akan merasa seperti sedang berenang di akuarium raksasa.

  1. Wisata Tanaman

keunikan pulau tidungSetelah menyeberangi jembatan yang berjarak sekitar 1 kilometer, Anda dapat menikmati wisata tanaman yang berada di pulau Tidung Kecil. Pulau ini dikelilingi oleh pohon kelapa yang berjajar rapi. Di sekitarnya juga terdapat pohon sukun dan ilalang yang membuat suasana semakin indah.

Selain menikmati hamparan laut, Anda bahkan bisa menjelajahi pulau tersebut dengan bersepeda untuk menyaksikan panorama yang fantastis sembari merasakan sapuan angin laut. Pulau ini akan dikembangkan dalam konsep agrowisata dengan menanam pohon bakau dan buah naga sehingga jenis tanamannya akan semakin beragam.

4.Wisata Kuliner

Berbagai macam makanan laut yang menggugah selera juga dapat Anda temukan di pulau ini. Hasil tangkapan laut diolah dengan menggunakan bumbu-bumbu tradisional sehingga memiliki cita rasa yang khas.

Jangan lupa untuk mecicipi makanan khas pulau Tidung yaitu kripik sukun dan otak-otak ikan karena tidak lengkap rasanya berkunjung ke Pulau Tidung tanpa mencicipi kuliner khas tersebut

  1. Wisata Sejarah

keunikan pulau tidungSejarah menarik dapat ditemukan di Pulau Tidung. Salah satunya adalah adanya makam Panglima Hitam di Pulau Tidung Kecil dan makam Radja Pandita yang berada di Pulau Tidung Besar.  Kedua makam kerajaan tersebut dijadikan sebagai objek wisata sejarah.

Berdasarkan cerita masyarakat, konon katanya Pulau Tidung dijadikan sebagai tempat pengasingan bagi orang-orang yang membangkang Belanda, sebut saja Raja Pandita yang pada waktu itu dibuang ke pulau oleh pemerintah kolonial Belanda.

Raja Pandita yang biasa dipanggil Raja Kaca adalah keturunan dari raja kalimantan yang bersuku Tidung. Beliau adalah raja yang karismatik dan berwibawa.  Itulah sebabnya pulau ini bernama Pulau Tidung.

Setelah mengetahui lima keunikan Pulau Tidung, sudah tidak diragukan lagi bahwa pulau ini sangat spektakuler. Ajaklah orang-orang tercinta untuk berkunjung dan rasakan pengalaman liburan yang berkesan dan tak terlupakan.

 

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.