Beranda » Destinasi » Tips Liburan Backpacker ke Pulau Tidung

Backpacker ke Pulau Tidung dapat menjadi alternatif liburan yang menyenangkan selain kegiatan open trip Pulau Pari jika Anda berada di Jakarta dan tidak ingin bepergian jauh. Lokasi pulau ini dapat dicapai dengan waktu perjalanan sekitar 3 jam dari Jakarta menggunakan kapal tongkang atau 1 jam perjalanan dengan kapal Pelni. Pergi liburan ala backpacker memungkinkan Anda untuk mengetahui seluk beluk jalanan yang ada dipulau tersebut.

Pulau Tidung memang tidak besar tetapi sangat panjang. Jika menginginkan keramaian, Anda bisa menuju ke selatan dengan ikonnya berupa Jembatan Cinta. Di sana juga terdapat banyak pilihan water sport yang dapat dicoba. Sementara itu jika menginginkan ketenangan, Anda dapat menuju ke bagian utara.

Cara ke Pulau Tidung

Untuk menuju ke pulau ini, Anda bisa menggunakan kapal kayu dari pelabuhan Muara Angke, Kali Adem. Tiket ke sana dibanderol dengan harga sekitar Rp 40 ribuan dengan waktu perjalanan sekitar 3 jam. Jika Anda menggunakan kapal Bahari Express dari Muara Angke, Kali Adem, harga tiket di sana cukup bervariasi yaitu mulai dari Rp 75 ribuan hingga Rp 200 ribuan. Waktu perjalanan dengan kapal ini sekitar 45 menit. Cara lainnya adalah naik speed boat dari Marina Ancol dengan harga tiket sekitar Rp 200 ribuan dan waktu perjalanannya sekitar 1 jaam.

Akomodasi

Untuk urusan akomodasi, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak pilihan tempat menginap yang tersedia di Pulau Tidung. Memang pilihan kelas penginapan yang tersedia tidak terlalu banyak. Jadi jangan berharap menemukan hotel bintang 3 saat berada di sana. Penginapan di sana rata-rata berupa cottage dan homestay dengan tarif mulai dari Rp 150 ribuan untuk 2 orang dengan fasilitas kamar mandi dalam, dan pendingin ruangan.

Di bagian utara pulau, pilihan penginapan yang tersedia tidak terlalu banyak. Bahkan lokasinya mungkin hanya sampai di tengah-tengah pulau. Hal ini berbeda dengan bagian selatan yang lingkungannya lebih ramai saat malam hari dan terdapat banyak warung makan serta penjual souvenir sehingga pilihan penginapannya lebih banyak. Mendirikan tenda dapat menjadi pilihan terbaik untuk backpacker ke Pulau Tidung karena bisa menghemat budget.

Sewa Sepeda

Mengingat pulau ini cukup besar, sebaiknya Anda sewa sepeda dari jasa persewaan untuk menikmati keindahan pulau Tidung secara maksimal. Harga sewa sepeda di pulau ini cukup dibayar sekali dan bisa Anda pakai sepuasnya.

Kapal Pulang

Sama seperti saat berangkat, kapal dari Pulau Tidung menuju ke Muara Angke juga sudah memiliki jam tersendiri. Kapal tersebut hanya tersedia dari pukul 12 siang sampai pukul 2 saja. Jadi jangan sampai ketinggalan kapal tersebut saat backpacker ke Pulau Tidung atau Anda harus pulang keesokan harinya

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

HWK Travel adalah media yang menyediakan platform untuk pencarian Paket Wisata Nusantara.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.