Mengenal Teluk Kiluan

19 October 2018 191x Destinasi

Beranda » Destinasi » Mengenal Teluk Kiluan

mengenal teluk kiluan

 

Mengenal Teluk Kiluan Teluk Kilauan merupakan objek wisata favorit yang terletak di Bumi Sari Natar, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Tempat ini memiliki panorama alam yang eksotis. Potensi wisatanya terkenal dengan atraksi ratusan lumba-lumba dan ikan paus yang sangat mempesona.

Lokasinya berjarak 73 km dari Bandara Lampung. Kamu dapat mencapainya dengan menggunakan mobil sembari menikmati pemandangan yang memukau. Pastinya pejalananmu akan sangat berkesan. Yuk, kita mengenal lebih dalam lagi mengenai Teluk Kilauan!

1. Mengenal Teluk Kiluan – Legenda Teluk Kilauan

Legenda Teluk Kilauan merupakan salah satu kekayaan budaya daerah ini. Runtuhnya Karajaan Majapahit dan masuknya Islam di Indonesia adalah awal dari kisah tersebut dimana masyarakat dihebohkan oleh seorang pemuda yang bernama Raden Mas Arya.

Dia memiliki kesaktian mengetahui waktu ajalnya tiba. Ada dua versi yang menyebut asal usul beliau. Yang pertama berasal dari Banten, dan yang kedua berasal dari Malaka.

Suatu hari ada seorang pemuda yang mengajak Raden Mas Arya untuk adu kesaktian. Dia merupakan salah satu jawara sekaligus guru silat dari Kota Agung, Kabupaten Tanggamus. Orang yang menantang ini sudah mengetahui kelemahan dari Raden Mas Arya.

Maka sebelum pertandingan dimulai, Raden Mas Arya memiliki firasat akan meninggal dalam pertarungan tersebut. Oleh karena itu ia berpesan kepada si guru silat bahwa ketika dirinya tewas dalam pertarungan, maka ia ingin dimakamkan di sebuah pulau yang bernama Teluk Kilauan.

Jika kamu berkunjung ke pulau Kilauan, maka akan terlihat gundukan batu menjulang tinggi yang dipercaya sebagai makam Raden Mas Arya. Makam tersebut dijadikan sebagai tempat keramat. Bahkan pada waktu – waktu tertentu, di bukit tengah pulau sering dijadikan sebagai tempat ritual oleh masyarakat sekitar Teluk Kilauan. Legenda tersebut masih dipercaya hingga saat ini.

2. Lokasi Teluk Kilauan

Untuk menuju pulau Kilauan dari Jakarta, kamu harus menyebrangi Selat Sunda melalui Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakaheuni di Lampung dengan menggunakan kapal ferry. Waktu yang dibutuhkan sekitar 2-4 jam.

Dari Bandar Lampung menuju Teluk Kilauan membutuhkan waktu sekitar 4 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi. Pada saat perjalanan, kamu dapat menikmati hembusan angin sejuk dan pemandangan alam yang eksotis di sekitar Padang Cermin dan Pulau Pahawang. Berjalan di antara sawah, bukit-bukit hijau terbentang, pepohonan yang berjejeran benar-benar memanjakan mata.

3. Destinasi Teluk Kilauan

Wisata Lampung menjadi Salah satu tempat populer dengan beragam destinasi yang unik nan indah. Pesona wisata baharinya dapat menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara. Berikut keistimewaan dari Teluk Kilauan.

a. Lumba-lumba

Lumba-lumba merupakan salah satu objek wisata favorit di Teluk Kilauan. Ratusan hewan laut tersebut beratraksi dengan sangat cantik dan kamu dapat melihatnya pada pagi hari sekitar pukul 06.00. Hal ini karena tempat ini merupakan jalur migrasi dari dua jenis lumba-lumba, yaitu Lumba-lumba Hidung Botol dengan badan yang sangat besar berwarna abu-abu. Yang Kedua Lumba-lumba Paruh Panjang dengan tubuh lebih kecil. Mereka sangat akrab dengan manusia.

Untuk menuju lokasi spesies lumba-lumba yang menggemaskan, kamu hanya perlu menaiki perahu ketinting dengan jarak sampai ke tengah lautan sekitar 1 jam, maka kamu akan melihat mereka saling mengejar satu sama lain dan mengejutkanmu dengan lompatannya yang spektakuler.

b. Laguna Gayau

Objek wisata ini terletak di balik bukit Teluk Kilauan. Tempat tersebut terlihat seperti kolam renang alami karena terpisah dari laut dengan gugusan batu karang sebagai pembatasnya. Kedalamannya berkisar antara 1-3meter sehingga kamu dapat berenang dengan aman. Atau jika kamu lebih suka sekedar berendam sambil menikmati pemandangan juga boleh.

Untuk mencapai Laguna Gayau, kamu harus melakukan trekking dengan jarak sekitar 30 menit. Selama perjalanan, kamu bisa menikmati sejuknya udara yang masih terasa fresh sambil ditemani pemandangan lautan yang terlihat dari ketinggian. Pengalaman spektakuler tersebut akan sangat berkesan dan takkan pernah kamu lupakan.

Disana kamu bisa menikmati indahnya bebatuan yang berada di dasar Laguna, air yang sangat jernihberwarna birukehijauan. Pada kolam yang kecil dan dangkal juga terdapat ikan-ikan saling berkejaran yang nampak seperti akuarium alami. Mata kamu benar-benar dimanjakan oleh pesonanya.

c. Snorkeling

Snorkeling adalah aktivitas yang wajib kamu coba ketika berada Teluk Kilauan. Keindahan alam bawah laut merupakan primadona dari tempat ini. Terumbu karang yang indah dan berbagai jenis ikan hias dapat kamu saksikan dengan begitu sempurna. Wisata ini juga menjadi surga bagi para pemancing handal di seluruh Indonesia.

d. Pantai Mutun Lampung

Lokasi pertama yang wajib kamu kunjungi adalah pesona keindahan pulau Mutun. Kamu dapat mengaksesnya dengan mudah dan cepat menggunakan perahu. Suasana yang tenang dan jauh dari keramaian sangat cocok dijadikan tempat relaksasi diri ditengah penatnya suasana perkotaan.

Pantai yang jernih, dangkal, dan berpasir putih serta perpaduan langit biru kehijaun pastinya sangat
menyegarkan mata.

e. Pantai Gigi Hiu

Surga kecil ini berlokasi di Kecamatan Klumbayan, Tanggamus Lampung. Pantai Gigi Hiu memiliki ciri khas tersendiri yaitu terdiri dari gugusan batu-batu karang lancip yang menjulang tinggi bak tebing hingga mencapai 10 meter. Tempat ini biasa disebut sebagai batu layar karena bebatuannya mengembang seperti layar. Kamu akan terpesona karena keajaibannya.

Pulau ini juga dapat dijadikan tempat untuk mengasah hobi fotografi karena memiliki spot sunrise paling sempurna yang layak diabadikan dengan lensa kamera. Pancaran lembayung berwarna merah jingga dari celah- celah batu karang dan deburan ombak menghadirkan kenangan yang tidak akan pernah kamu lupakan.

 

f. Wisata Padang Cermin

Wisata di tempat ini sangat sayang untuk kamu lewatkan seperti pantai Ringgung yang berada di Teluk Pandang. Kamu dapat menggunakan beberapa lapak gubuk yang telah disediakan untuk bersantai sambil menikmati suasana Pantai Sari Ringgung yang begitu tenang dengan hamparan pasirnya yang lembut. Kamu juga dapat menemukan objek wisata yang unik yaitu Masjid Terapung dan air terjun yang mirip dengan Green Canyon.

Air terjun Singa Tiga ini sangat memukau. Air terjun ini berada di daerah persawahan, Taman Hutan Raya Bin Abdul Rahman, dan Padang Cermin. Ketinggiannya mencapai hingga 30 meter. Puncak air terjun ini juga sering berkabut sehingga menciptakan pemandangan alam yang eksotis.

g. Wisata Lampung untuk anak-anak

Tempat wisata yang berkonsep alam adalah hal yang paling tepat dikunjungi bersama anak-anak. Salah satunya adalah Taman Kupu-kupu Gita Parsada yang merupakan kawasan penangkaran kupu-kupu. Tempat ini sangat edukatif sehingga menambah wawasan anak untuk mencintai kekayaan alam Indonesia.

Lembah Hijau Lampung juga merupakan taman bermain yang lengkap seluas 30 hektar. Disana mereka bisa mencoba wahana seperti waterboom, ayunan, perosotan, dan melihat satwa. Pastinya anak akan senang dan ingin berlama-lama di tempat tersebut.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke Teluk Kilauan yang begitu unik? Pastikan kamu berkunjung bersama orang-orang tercinta karena perpaduan antara pesona alam yang menakjubkan dan kebersamaan dengan keluarga atau sahabat akan membuat liburanmu semakin berkesan.

Tags:

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.