Mengenal Maribaya Bandung

28 October 2018 114x Destinasi

Beranda » Destinasi » Mengenal Maribaya Bandung

mengenal maribaya bandung

 

Mengenal Maribaya Bandung – Bandung merupakan ibukota populer yang sering disebut Paris Van Java Indonesia. Destinasi wisata alamnya yang eksotis menjadikan kota kembang ini sangat cocok untuk liburan. Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi adalah kawasan Maribaya Bandung yang sangat terkenal dengan pemandian air panasnya. Tak heran jika kawasan ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak gambaran umum mengenai Maribaya Bandung yang akan dipaparkan oleh tim HWKTravel.

 

1. Sejarah Maribaya Bandung – Mengenal Maribaya Bandung

 

Legenda Maribaya ini sangat unik dan menarik. Konon katanya Maribaya berasal dari bahasa Sunda yaitu kata “mari” yang artinya sehat, dan “baya” yang artinya bahagia. Disuatu perkampungan kecil yang berada Dikaki Gunung Masigit ada seorang petani miskin yang bernama Eyang Raksa Dinata.

 

Ia mempunyai anak gadis yang sangat cantik dan menjadi primadona kaum lelaki. Anak tersebut bernama
Maribaya. Melihat kecantikannya yang tiada tandingan, Sang Ayah khawatir kelak dia akan menjadi rebutan para
lelaki di daerah tersebut yang kemudian akan mencelakai putrinya.

 

Oleh karena itu, ia pun pergi ke Tengkuban Perahu untuk melakukan pertapaan. Akhirnya ia didatangi oleh kakek tua sembari memberikan 2 bokor air yang harus ditumpahkan ke arah barat dan ke arah timur. Sang Ayah pun meminta kepada Maribaya untuk menumpahkan air tersebut tidak jauh dari rumahnya.

 

Beberapa hari kemudian, terjadilah keajaiban dimana tumpahan air tersebut berubah menjadi mata air panas yang mengandung belerang. Konon katanya air panas itu dapat menyembuhkan segala macam penyakit.

 

Permandian tersebut mulai dikembangkan oleh Eyang Raksa Dinata sejak sekitar tahun 1835. Tampat ini sangat ramai dikunjungi oleh penduduk sekitar dan setelah berendam, mereka akan melemparkan uang logam ke kolam tersebut sebagai bentuk imbalan. Kehidupan Eyang pun berubah menjadi bergelimangan harta.

 

Kolam air panas tersebut akhirnya diwariskan kepada Maribaya, sehingga daerah ini dinamakan Maribaya Bandung.

 

2. Mitos Masyarakat Tentang Maribaya Bandung

Percaya atau tidak, tempat wisata populer ini memiliki mitos -mitos dari masyarakat setempat, lho. Diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Ketika berkunjung ke tempat ini, sebaiknya kamu tidak memakai baju merah karena menurut mitos, jika seseorang memakai baju merah, dia akan mengalami kecelakaan.

b. Jangan membunyikan alat-alat music seperti gong dan suling. Konon katanya jika kamu memukul gong atau meniup suling maka hujan akan turun.

 

3.Lokasi Maribaya Bandung

Permandian Air panas yang kini dikenal air terjun Maribaya terletak di jalan Maribaya, Lembang, Jawa Barat. Lokasinya hanya berjarak sekitar 15 km dari Kota Bandung. Ketinggiannya mencapai 120 m.

 

Wisata ini memiliki suhu yang sangat sejuk dan termasuk kawasan Taman Hutan Raya Djuanda. Teak heran jika tempat ini merupakan surga wisata yang cocok untuk kamu jadikan tempat liburan.

 

Air terjun tersebut dapat kamu akses dengan menggunakan transportasi umum dengan jarak 5 km, maka kamu akan tiba di jembatan Maribaya. Tetapi jika kamu menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta bisa menggunakan rute Cikampek-Cipularang keluar di Sadang-Subang-Ciater-Lembang. Jalan menuju lokasi pun sudah beraspal sehingga kamu bisa menikmati perjalanan dengan nyaman sembari dimanjakan oleh hamparan kebun teh yang berada di sekitarnya.

3. Destinasi Maribaya Bandung

Maribaya Bandung memiliki suasana alam yang masih asri khas pedesaan dengan latar belakang bukit, pegunungan dan pepohonan yang rindang, sehingga tidak heran kalau menjadi destinasi wisata favorit. Berikut adalah wisata yang wajib kamu kunjungi.

a. Permandian Air Panas / Air Terjun Maribaya

Melihat air terjun dilatarbelakangi pepohonan pastinya kamu akan sangat terpukau. Objek wisata tersebut sering disebut Curug Omas oleh masyarakat setempat dan ketinggiannya mencapai sekitar 30m. Di dekat air terjun juga terdapat dua buah jembatan sehingga kamu bisa menikmati keindahannya tanpa takut basah. Kamu juga dapat berfoto selfie diatas bebatuan raksasa yang berada di bawah air terjun.

Selain menikmati keindahan alam yang eksotis, kamu juga bisa menggelar tikar disekitar air terjun sambil menyantap bekal bersama teman dan keluarga. Bersenda gurau bersama orang-orang tercinta sambil diiringi gemercik suara air, hawa yang sejuk, dan semilir angin pastinya akan menciptakan momen yang sangat berkesan dan tidak akan pernah kamu lupakan. Kamu juga dapat berendam di air panas Maribaya yang dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit.

b. Wahana – Wahana Spektakuler

Bukit yang menjulang tinggi dan hamparan pinus berjejeran merupakan sebuah pengalaman yang sangat seru. Terdapat pula wahana spektakuler seperti Hot Air Balloon yang ketinggiannya mencapai 6 meter yang wajib kamu coba.

Jika kamu pecinta olahraga ekstrem, kamu bisa mencoba naik Gantole atau paralayang di ketinggian udara tertentu. Tetapi, jika kamu takut pada ketinggian, jangan khawatir! Kamu masih bisa berfoto ala penerjun karena Gantole ini tidak bergerak melayang-layang di udara sehingga kamu bebas berekspresi ataupun bergaya dalam berfoto. Agar lebih meyakinkan, jangan lupa untuk memakai helm dan perlengkapan lain layaknya naik Gantole sungguhan ya!

Zky Bike merupakan wahana yang memacu adrenalin. Wahana ini mengharuskan kamu untuk mengayuh sepeda diatas trek yang menyerupai seutas tali dengan pemandangan jurang yang terpampang jelas dibawahnya. Kamu tidak perlu khawatir akan terjatuh karena terdapat tali pengaman dan helm sehingga kamu dapat berpose seolah – olah sedang melayang di udara.

Jika kamu ingin mendapatkan foto yang berkesan untuk Instagram-mu, jangan lewatkan spot foto keren ala Eropa bernama Sky Swing – ayunan yang berada di tepi tebing dengan latar pemandangan bukit dan hutan pinus.

Wahana berikutnya yang layak kamu coba adalah Sky Tree yang merupakan sebuah rumah pohon dengan latar pemandangan pinus yang hijau. Kamu dapat menikmati spot instagramable ini dengan harga yang sangat terjangkau. Tempat tersebut sangat cocok dijadikan lokasi foto pre-wedding Bandung yang romantis.

 

c. Gua Belanda dan Gua Jepang

Gua Belanda dan Gua Jepang merupakan peninggalan sejarah yang dibangun pada tahun 1921 di sisi aliran sungai Cikapundung. Bobolan bukit tersebut dijadikan sebagai saluran penyadapan air dan pembangkit tenaga listrik. Belanda juga sempat menggunakan gua ini sebagai Pusat Telekomunikasi Militer Hindia-Belanda. Jika ingin menembus gua tersebut, kamu sebaiknya menggunakan penerangan yang cukup sehingga pemandangannya bisa kamu nikmati dengan sempurna.

d. Curug Dago dan Curuk Lalay

Curug Dago berasal dari aliran sungai Cikapundung yang disekitarnya terdapat peninggalan sejarah Kota Bandung berupa bangunan merah yang didalamnya terdapat 2 buah Prasasti yaitu Prasasti peninggalan Raja Rama V dan Raja Rama VII dari Kerajaan Thailand yang sempat berkunjung ke tempat tersebut pada tahun 1818.

Selain itu kamu juga wajib mengunjungi Curug Lalay yang diambil dari bahasa Sunda yang berarti Air Terjun Kalelawar karena disekitaran tempat ini terdapat banyak kalelawar. Keadaan alam wisata tersebut masih asri dan sangat sejuk.

e. Wisata Kuliner

Ketika berkunjung ke tempat ini, tak lengkap rasanya tanpa menikmati aneka hidangan khas Sunda. Bahannya diolah dengan bumbu tradisional. Menu yang wajib kamu coba adalah Ikan gurame yang Khas.

Kamu juga bisa memetik strawberry langsung dari kebunnya. Tentunya kamu dapat memakan sepuasnya dan membawa pulang sebagai oleh-oleh.

Maribaya Bandung memang memiliki daya tarik tersendiri khas Indonesia. Maka dari itu, segera jadwalkan liburanmu di Maribaya Bandung bersama teman dan orang-orang tercinta. Dengan pemandangan yang asri dan keindahan alam yang eksotis, segala penat hiruk-pikuk dunia kerja dan perkotaan akan terlupakan sejenak sehingga kamu pun akan merasa lebih fresh.

Sekian sedikit ulasan singkat tentang Mengenal Maribaya Bandung dari tim HWKTravel untuk teman-teman sekalian. Bagi yang tertarik dengan  destinasi wisata alam lainnya bisa mengunjungi Open Trip Gunung Krakatau.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.