Beranda » Info » Daya Tarik dan Aktivitas Populer Saat Open Trip Pulau Pramuka

Pulau Pramuka merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang populer di Kepulauan Seribu. Sebagai salah satu destinasi populer, pulau ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Bahkan saat hari libur, banyak wisatawan yang ikut open trip Pulau Pramuka. Pulau ini secara administrative merupakan bagian Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Pulau Pramuka menawarkan daya tarik lebih dibandingkan objek wisata pulau lainnya karena pulau ini adalah pusat pemerintahan dan administrasi Kabupatan Administratif Kepulauan Seribu. Pulau ini memiliki perkantoran yang lebih banyak dan menjadi tujuan para penduduk dari pulau lain ketika ingin mengurus administrasi.

Pulau Pramuka awalnya lebih dikenal dengan sebutan Pulau Elang. Pasalnya pulau ini dulunya memiliki banyak burung Elang Bondol yang menjadi lambang atau ikon Provinsi DKI Jakarta. Tetapi seiring berjalannya waktu dan pulau ini dijadikan sebagai perkampungan, burung-burung elang ini menghilang dengan sendirinya sejak tahun 1980an. Untuk mengakomodasi wisatawan yang berlibur ke sana, sudah tersedia penginapan tetapi berupa rumah – rumah warga yang dijadikan homestay atau losmen yang disewakan untuk para wisatawan yang ingin menginap. Selain itu, ada juga penginapan yang berbentuk villa dan vottage yang terpisah dari tempat tinggal penduduk.

Daya Tarik Pulau Pramuka

Pulau Pramuka memiliki wilayah yang lebih luas dibandingkan pulau lainnya sehingga garis pantai di sana juga lebih panjang. Panorama yang disuguhkan juga terkesan lebih menawan. Keunggulan dari pulau ini adalah ada wisata edukasi atau ekowisata berupa area konservasi hutan mangrove di belakang pulau dan tempat penangkaran penyu sisik. Ada pula tempat penangkaran ikan hiu.

Adanya tempat penangkaran ikan hiu dan penyu sisik memberikan daya tarik tersendiri karena wisatawan akan belajar bagaimana cara melestarikan hewan langka yang dilindungi. Para wisatawan di pulau ini dapat melihat langsung bentuk anak-anak penyu atau tukik yang ditangkarkan di sana sebelum dilepaskan ke laut serta ikan – ikan hiu yang masih sangat muda.

Kegiatan Menarik di Pulau Pramuka

–        Wisata Kuliner

Para pengunjung yang mengikuti open trip Pulau Pramuka dapat melihat hiu dan beberapa spesies ikan berukuran besar di sebuah kolam raksasa di dekat laut. Di kawasan penangkaran ini, ada sebuah restoran terapung di permukaan laut. Jadi jika Anda ingin mencoba kuliner khas Kepulauan Seribu, dapat mencoba hidangan yang disajikan di sana.

–        Menikmati Wahana Water Sport

Sama seperti saat mengikuti open trip Pulau Pari, wisatawan di Pulau Pramuka juga bisamenikmati keseruan bersama teman dan keluarga dengan mencoba berbagai wahana watersport seperti banana boat, donat boat, atau naik kano.

–        Bersepeda Berkeliling Pulau

Jika Anda ingin mengeksplor atau mengenal lebih dekat pulau ini saat open trip Pulau Pramuka, Anda bisa menyewa sepeda dan berkeliling pulau. Jangan khawatir, harga sewa sepeda di sana sangat terjangkau yaitu hanya sekitar Rp 15 ribu untuk satu hari penuh.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

HWK Travel adalah media yang menyediakan platform untuk pencarian Paket Wisata Nusantara.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.